"www.drg.co.id" by Dentists to dentists Please share as , Events, meetings, promotions, etc.            Tulis berita atau Balas komentar, Daftar Dulu,            CARI INFO , BERITA, SEMIANAR,JUAL BELI, LOWONGAN, HIBURAN, TERLANGKAP UNTUK DOKTER GIGI DRG.CO.ID,           
   Home >> BERITA PDGI
 
Date : 12-08-28 21:26
Mahasiswa Baru Wajib Baca (7): Sekilas Fakultas di Unpad
 Writer : drgid (112.♡.20.124)
Hits : 27,895  
   http://www.unpad.ac.id/archives/11997 [4830]

Mahasiswa Baru Wajib Baca (7): Sekilas Fakultas di Unpad

[Unpad.ac.id, 3/08] Kampus Unpad hingga saat ini tersebar di beberapa wilayah di Kota Bandung dan Jatinangor, Sumedang. Kampus Unpad di daerah Jatinangor ditempati oleh 14 fakultas. Fakultas Pertanian memiliki 1 Jurusan untuk program studi Doktor Ilmu Pertanian, 2 jurusan untuk Program Sarjana yaitu Agroteknologi dan Agrobisnis dan 2 jurusan untuk program Diploma yaitu Budidaya Tanaman Hortikultura, Agribisnis Pertanian.

Logo Unpad *

Fakultas Kedokteran Unpad hingga saat ini merupakan salah satu peminatan tertinggi bagi calon mahasiswa di Indonesia bahkan untuk calon mahasiswa asing sekalipun. Untuk mencapai hasil yang efektif, Fakultas Kedokteran Unpad menerapkan proses belajar mengajar dalam 1 ruang kelas hanya untuk 20 mahasiswa saja. Selain itu hal ini juga untuk mengefektifkan mahasiswa dalam menjalankan praktek di laboratorium yang telah tersedia.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau biasa disebut dengan Fakultas MIPA memiliki 5 jurusan Program Sarjana diantarnya jurusan Matematika (bidang Minat Ilmu Komputer), Kimia, Fisika, Biologi dan Statistika dan menjadi pusat studi Program Doktor Ilmu MIPA. Untuk mendukung aplikasi disiplin ilmu yang tengah dipelajari, lebih dari 40 kepala laboratorium siap untuk membimbing mahasiswa fakultas MIPA ini. Mulai dari komputer dasar, matematika murni, biokimia, geofisika, mikrobiologi, genetika, hingga statistika sosial.

Fakultas Peternakan Unpad bisa dikatakan sudah banyak menghasilkan penemuan yang bermanfaat bagi lingkungan. Salah satu diantaranya adalah mengenai pemanfaatan kotoran sapi sebagai biogas. Dalam prakteknya, mahasiswa fakultas peternakan juga mempelajari mengenai Ekonomi Peternakan dan Sosiologi dan Penyuluhan Peternakan. Kampus ini juga menjadi pusat pembelajaran disertasi dan tugas khusus bagi Program Doktor Ilmu Peternakan.

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) juga menjadi salah satu Program Sarjana favorit dikalangan calon mahasiswa baik dalam maupun luar negeri. Sama halnya dengan Program Studi Doktor Kedokteran Gigi, di fakultas ini didukung oleh SDM dan fasilitas yang cukup memadai. Terbukti dengan dibukanya kelas internasional yang memang diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang umumnya berasal dari Malaysia.

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan memiliki 2 jurusan Program Sarjana yaitu jurusan Perikanan dan jurusan Ilmu Kelautan. Adapun bidang studi yang dipelajari tidak saja berkenaan dengan budidaya perikanan dan kelautan. Tetapi juga mengenai teknologi dan manajemen dalam hal perikanan budidaya perairan, manajemen sumberdaya & lingkungan perairan, hingga manajemen bisnis perikanan dan kelautan.

Fakultas Ilmu Keperawatan memang identik dengan perempuan, namun hal tersebut sudah mulai hilang seiring dengan berkembangnya zaman. Bahkan saat ini cukup banyak peminat calon mahasiswa laki-laki di FIK. Menurut data, lulusan FIK Unpad telah tersebar di seluruh Indonesia dan juga di luar negeri mulai dari Australia, Jepang, Arab Saudi hingga Kuwait.

Fakultas Teknik Geologi (FTG) dan Fakultas Farmasi merupakan pengembangan dari Fakultas MIPA. Walaupun tergolong masih muda, namun kedua fakultas ini cukup menunjukkan eksistensinya di dunia pendidikan. Fakultas Farmasi sendiri juga telah membuka program profesi apoteker. Sedangkan FTG sendiri bidang studinya ditekankan tidak saja mengenai geologi lingkungan namun juga kepada mineralogi dan paleontologi, di kampus FTG inu juga menjadi pusat studi bagi Program Magister Ilmu Pengembangan Kewilayahan Pertambangan & Sumber Daya Mineral.

Fakultas Teknik Industri Pertanian memiliki disiplin ilmu lebih kepada pengembangan teknik dan manajemen industri pertanian, teknologi industri pangan hingga alat mesin pertanian itu sendiri. Selain itu kimia pangan dan mikrobiologi pangan juga menjadi bidang studi yang dipelajari. Kemudian untuk Fakultas Psikologi Unpad lebih menekankan pada bidang studi mulai dari psikologi perkembangan, sosial, pendidikan, industri, klinis, eksperimen hinggan psikometri dan sistem informasi.

Ketiga fakultas terakhir ini tergolong disiplin ilmu dari IPS, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), dan Fakultas Sastra. Untuk Fisip memiliki 6 jurusan Program Sarjana (Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Antropologi Sosial, Ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional). Sedangkan untuk Program Sarjana, Fikom memiliki 4 jurusan  (Hubungan Masyarakat, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, dan Ilmu Perpustakaan) dan Program Diploma di Fikom terdiri dari 5 jurusan antara lain Penyiaran, Kehumasan, Periklanan, Komunikasi Bisnis, Informasi dan Perpustakaan.

Selain tersedia Laboratorium Radio, Televisi & Komputer, disini juga merupakan pusat studi Program Magister Ilmu Sosial (Ilmu Informasi dan Perpustakaan). Kemudian Fakultas Sastra (Fasa) memiliki 9 jurusan Program Sarjana yaitu Sastra Indonesia, Sastra Daerah (Sunda), Inggris, Perancis, Jepang, Rusia, Jerman, Arab dan Ilmu Sejarah. Program Diploma di Fasa antara lain Bahasa Indonesia/Editing, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Usaha Perjalanan Wisata, Dokumentasi Budaya, juga Program Studi Magister & Doktor Ilmu Sastra.

Kampus Bandung
Selain di Jatinangor, kampus Unpad sendiri juga tersebar di beberapa wilayah di Kota Bandung. Salah satunya adalah yang berlokasi di Jl. Dipati Ukur 35 Bandung. Ini merupakan kampus yang dikenal dengan Kampus Iwa Koesoemasoemantri. Kampus ini masih ditempati oleh 2 Fakultas untuk Program Sarjana dan Diploma, 3 Program Magister dan 1 Program Doktor.

Fakultas Ekonomi memiliki 3 Program Sarjana yaitu Akuntansi, Ekonomi & Studi Pembangunan, Manajemen dan 4 Program Diploma yaitu Akuntansi, Manajemen Pemasaran, Perpajakan, Bisnis Internasional. Sedangkan untuk Fakultas Hukum sendiri terbagi atas 2 kelas yaitu kelas pagi dan kelas sore. Kemudian untuk Program Pascasarjana yang terletak di kampus ini antara lain adalah Magister Manajemen (MM), Magister Ilmu Sosial (Komunikasi Bisnis), Magister Kajian Budaya & Seni dan Program Doktor Ilmu Komunikasi.

Tak jauh dari lokasi Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Kampus Unpad yang tepatnya di Kompleks Sekeloa menjadi pusat studi bagi Program Doktor untuk Kedokteran Gigi, Program Magister Ilmu Ekonomi Pertanian (BKU Agribisnis), dan Program Studi Magister Ilmu Lingkungan (PSMIL). Sedangkan di Jl. Japati no. 4 Bandung menjadi kampus untuk Program Studi Magister Akuntansi dan Program Studi Magister Ekonomi Terapan.

Program Magister Ilmu Hukum (BKU Hukum Pidana) terletak di Jl. Imam Bonjol no. 2 Bandung. Kampus ini berdiri atas kerjasama dengan Departemen Hukum & HAM. Selanjutnya Kampus Unpad yang terletak di Jl. Dago Pojok menjadi kampus yang dihuni oleh Fikom dengan Program Sarjana dan Program Sarjana dengan Tabungan Kredit Minimum 110 SKS untuk jurusan Hubungan Masyarakat, Jurnalistik dan Manajemen Komunikasi. Sama halnya dengan Fikom, Fasa menempatkan mahasiswanya dengan Program Sarjana Tabungan Kredit Minimum 110 SKS.

Wilayah Bukit Dago Utara menjadi kampus bagi FISIP. Di kampus ini menjadi pusat perkuliahan bagi Program Sarjana dengan Tabungan Kredit Minimum 110 SKS yang terdiri 4 jurusan yaitu Administrasi Negara, Hubungan Internasional, Ilmu Pemerintahan, Administrasi Bisnis. Juga menjadi pusat perkuliahan program Diploma (Pertanahan, Logistik, Kepegawaian, Keuangan, Kearsipan, Administrasi Bisnis, Administrasi Sekretari, Tata Pemerintahan, Kelegislatifan, Pembangunan Daerah), Program Magister Ilmu Sosial (BKU Administrasi Publik, BKU Administrasi Bisnis, BKU Ilmu Pemerintahan, BKU Ilmu Politik), juga Program Studi Doktor Ilmu Sosial (Konsentrasi Administrasi Publik & Ilmu Pemerintahan).

Di wilayah lain tepatnya di Jl. Cimandiri No.2 Bandung menjadi Gedung Pendidikan Klinis Hukum untuk Program Studi Magister Ilmu Hukum (BKU Hukum Bisnis, Hukum Pidana, Kenotariatan, dan Program Studi Doktor Ilmu Hukum. Sedangkan untuk Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Dasar (PPCD), Magister Ilmu Kebidanan, dan Ilmu Kesejahteraan Masyarakat berpusat di  Jl. Banda no. 42 Bandung. Tak jauh dari lokasi tersebut tepatnya di Jl. Banda no. 40 juga menjadi pusat studi mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Sosial (Ilmu Komunikasi ). Untuk Program Studi Magister Psikologi (Profesi Psikologi), Program Studi Doktor Ilmu Psikologi dan pusat layanan Psikologi terletak di Jl.Ir.H. Juanda 468 B Bandung.

Kampus Unpad lainnya adalah terletak di pusat Kota Bandung yaitu di Jl. Ir. H. Juanda no. 4, yang menjadi pusat perkuliahan bagi Program Diploma FMIPA (Manajemen Informatika, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Kimia Industri, Analisis Kimia, Instrumentasi-Fisika Terapan), Program Sarjana dengan Tabungan Kredit Min. 110 SKS (Matematika -BM Ilmu Komputer, Fisika, Kimia Industri), dan Program Magister Statistika Terapan.

Sebagai salah satu Fakultas Tertua, Fakultas Kedokteran juga membuka Program Diploma IV Kebidanan yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda 248 Bandung. Lalu untuk Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran melakukan kerjasama dengan RSHS Bandung berpusat di Jl. Pasir Kaliki no. 190 Bandung dan juga RS Mata Cicendo yang berpusat di  Jl. Cicendo no. 4 Bandung. (eh)*

Berita terkait:



 
 

Total 631



No. SUBJECT WRITER DATE HIT
631 5 Obat Sakit Gigi Alami Yang Wajib Kamu Coba Kipaskipas 2021-08-16 11:07 3603
630 4 Obat Sakit Gigi Alami Paling Mujarab, Daun Jambu hingga Bawang Putih gudangdent 2021-07-30 10:40 3534
629 Mengenal 4 Masalah Pada Gigi yang Paling Umum Terjadi adinda thomas 2021-05-27 13:33 4715
628 Orang Indonesia Disebut Jarang Gosok Gigi Selama Pandemi, Ini Bahayanya gudangdent 2021-03-26 11:02 5744
627 Cegah Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut, Jangan Asal Sikat Gigi Ya! nurul0919 2019-10-18 11:41 17756
626 Abaikan Sakit Gigi Lebih dari Setahun, Remaja Ini Ternyata Idap Tumor nurul0919 2019-10-17 15:05 7054
625 BKGN 10 Tahun, Pepsodent Beri Apresiasi 3 Mahasiswa FKG UGM nurul0919 2019-10-17 15:01 7338
624 Ini Alasan Mengapa Sakit Gigi Semakin Parah saat Malam Hari nurul0919 2019-10-17 14:57 25166
623 Kebanyakan Makan Manis, Gadis Ini Alami Infeksi hingga Nyawanya Terancam nurul0919 2019-10-17 14:54 8616
622 Riset di Indonesia: 88,8% Punya Masalah Gigi Berlubang nurul0919 2019-10-17 10:01 9248
621 Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi saat Hamil nurul0919 2019-10-16 11:45 8496
620 Arang dapat Memutihkan Gigi, Mitos atau Fakta? nurul0919 2019-10-16 11:30 8551
619 Sakit Gigi Dibiarkan, Waspada 6 Penyakit Berbahaya yang Bisa Muncul nurul0919 2019-10-16 11:18 11582
618 KPPIKG, Ajang Unjuk Gigi Hasil Riset Anak Bangsa nurul0919 2019-10-16 11:15 29048
617 Pepsodent Ajak Masyarakat Denpasar Dukung Gerakan “Indonesia Tersenyum” nurul0919 2019-10-16 11:07 21898
616 Scaling Gigi Dianjurkan 6 Bulan Sekali, Ini Fakta-faktanya nurul0919 2019-10-15 09:19 21275
615 Ingin Pasang Behel? Ini Saran Dokter Gigi nurul0919 2019-10-15 09:17 17880
614 Biaya Dokter Mahal, Warga Jadi Malas Periksa Kesehatan Gigi nurul0919 2019-10-15 09:15 17813
613 Perlukah Si Kecil Menggunakan Retainer Gigi? nurul0919 2019-10-11 12:16 11950
612 Ketahui Alasan Gigi dan Mulut yang Sehat Bisa Dorong Anak Agar Lebih Pede di Sekolah nurul0919 2019-10-11 12:13 7047
611 Akankah Gigi Anak yang Hitam dan Keropos Terbawa Sampai Dewasa? (1) nurul0919 2019-10-10 14:21 14776
610 Ketahui Alasan Gigi dan Mulut yang Sehat Bisa Dorong Anak Agar Lebih Pede di Sekolah (1) nurul0919 2019-10-10 14:20 12290
609 Jangan Sembarangan Memakai Perapi dan Pemutih Gigi Instan opand 2019-10-10 10:41 27230
608 Bukan Hanya Masalah Gigi, Kenali 5 Penyebab Rahang Sakit nurul0919 2019-10-09 14:47 7454
607 Gosok Gigi Pakai Kunyit Ternyata Bisa Menyembuhkan Gigi Ngilu nurul0919 2019-10-09 14:00 7118
606 Mewaspadai Risiko Memakai Jasa Tukang Gigi opand 2019-10-09 10:16 31244
605 Kenapa Pemilik Gigi Sensitif Harus Pakai Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif? nurul0919 2019-10-08 14:28 7228
604 Teh Hijau Berpotensi Kuat untuk Mengobati Gigi Sensitif nurul0919 2019-10-08 14:25 6979
603 Unik! Para Dokter Gigi Gelar Seminar di Kapal Pinisi opand 2019-10-07 14:20 16528
602 4 Cara Mengatasi Gigi Sensitif yang Ngilu Setiap Kena Dingin nurul0919 2019-10-07 10:09 7173
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  End
 

'COMMUNITY'
     PAMERAN 
     SEMINAR 
     JOURNAL 
     BERITA PDGI 
     LOWONGAN 
     SUPPLIERS 
     KONSULTASI GIGI 


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Today : 168 | Yesterday : 204

Max : 2,647   Total : 1,666,917
 

 
About ME | BLOG | PRIVACY | GUEST

Copyright 2012(c) drg.co.id  All Rights Reserved.