"www.drg.co.id" by Dentists to dentists Please share as , Events, meetings, promotions, etc.            Tulis berita atau Balas komentar, Daftar Dulu,            CARI INFO , BERITA, SEMIANAR,JUAL BELI, LOWONGAN, HIBURAN, TERLANGKAP UNTUK DOKTER GIGI DRG.CO.ID,           
   Home >> BERITA PDGI
 
Date : 12-12-15 13:36
UNIVERSITAS MAHARASWATI DENPASAR
 Writer : Novita (114.♡.0.94)
Hits : 18,917  
   http://unmas.ac.id/content_menu.asp?menu=216&idlang=id [6781]

FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNMAS DENPASAR

Pendahuluan
 
Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar (FKG Unmas) merupakan satu dari 22 Pendidikan Kedokteran Gigi di Indonesia (12 FKG dan 10 Program Studi Kedokteran Gigi) dan satu-satunya FKG swasta yang berada di Indonesia bagian timur. FKG Unmas telah terakreditasi dengan nilai B melalui Surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi : Nomor 003/BAN-PT /Ak–XI/S1/V/2008. Bagi sebuah FKG swasta prestasi tsb. adalah wujud keberhasilan  dalam mengelola lembaga pendidikan yang sangat kompleks dan jarang dimiliki oleh universitas swasta. Hal tsb. menjadikan FKG Unmas semakin dipercaya dan bisa melakukan proses pendidikan akademik professional  dari awal mahasiswa masuk hingga selesai menjadi dokter gigi secara mandiri.

Peningkatan kualitas di segala bidang terus dilakukan secara berkesinambungan. Kerjasama akademik telah dilakukan dengan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Jakarta dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada Jogyakarta guna meningkatkan kualitas tenaga pengajar. Demikian pula, untuk mengantisipasi perkembangan terkini ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi (iptekdokgi) dilakukan dengan mengundang pakar, baik dari dalam maupun luar negeri. Kuliah umum secara rutin dilakukan oleh visiting professor kami, Prof. Taizo Hamada, DDS, Ph.D. (Hiroshima University, Jepang). Untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa, maka diberikan penghargaan dan kenang-kenangan kepada lulusan terbaik pada setiap penggelaran dokter gigi baru sebagai bentuk apresiasi, penghargaan dan komitmen pengelola FKG Unmas terhadap kualitas.

Peningkatan sarana dan sumber daya manusia merupakan salah satu rencana strategis yang terus diupayakan dengan memanfaatkan sumber dana yang minimal dari peserta didik. Upaya pencarian bantuan ke berbagai pihak, seperti beasiswa pendidikan,  pengadaan peralatan dari berbagai instansi/lembaga baik di dalam maupun luar negeri terus dilakukan. Dengan tersedianya fasilitas student lounge serta ruang baca perpustakaan yang dilengkapi  berbagai fasilitas modern, berupa computer dan koneksi internet yang bisa diakses secara gratis (hotspot), koleksi buku-buku teks  (textbooks) terbaru dan digital library berisi jurnal kedokteran gigi internasional terbaru berjumlah ribuan judul akan mempermudah para pengajar dan mahasiswa dalam  mencari literature ilmiah.

Peningkatan kualitas belajar mengajar terus dilakukan secara periodik  antara lain dengan peningkatan sarana belajar baik perkuliahan, praktikum preklinik maupun kepaniteraan klinik. Sarana pada kepaniteraan klinik terus ditingkatkan dengan pengadaan dan penggantian dental unit and chair yang lama dengan yang modern dan canggih. Kualifikasi tenaga pengajar terus ditingkatkan dengan mengirimkan staf pengajar ke tingkat Strata-2, Strata-3, Dokter Gigi Spesialis serta dalam bentuk course dan pelatihan bersertifikasi. Wujud nyata hal tsb. sekaligus menjawab kebutuhan pasar tentang iptekdokgi, maka telah dijalin kerjasama dengan Indonesian Society of Implant Dentistry (ISID), yaitu dengan mengadakan Continuing Professional Development Programe bagi dokter gigi berupa Pendidikan Bersertifikasi  Bidang Kedokteran Gigi Implan. Demikian pula dalam rangka meningkatkan dharma pengabdian pada masyarakat, telah terjalin kerjasama dengan beberapa rumah-sakit dan puskesmas di Bali, dan bahkan telah terjalin kerjasama dengan BIWA (Bali International Womens Association), SOIna ( Special Olympic Indonesia ), organisasi profesi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Bali Hati, beberapa organisasi sosial dan Lembaga Swadaya Masyarakat dari dalam maupun luar negeri. Untuk lebih meningkatkan pembelajaran di tingkat profesi, mahasiswa melakukan proses pendidikan kepaniteraan klinik di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) milik sendiri dengan fasilitas yang lengkap dan modern. Di RSGMP, mahasiswa dibimbing oleh para dokter gigi spesialis yang lengkap di semua bidang spesialisasi, yaitu Spesialis  Penyakit Mulut (SpPM), Penyakit Jaringan Penyangga Gigi/Periodonsia (SpPerio),  Bedah Mulut (SpBM), Gigitiruan/Prostodonsia (SpPros), Konservasi Gigi (SpKG), Kedokteran Gigi Anak (SpKGA), Radiologi Kedokteran Gigi (Sp RKG) dan para dokter gigi senior. Diharapkan dengan fasilitas / sarana yang memadai tsb. lulusan FKG Unmas akan mampu bersaing  dan mampu menjawab tuntutan perkembangan iptekdokgi di era global ini.

Sebagai salah satu bentuk kebersamaan dari fakultas sejenis dan dalam rangka saling tukar informasi sesama anggota, hingga saat ini FKG Unmas masih aktif  sebagai anggota Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (Afdokgi). Demikian pula dengan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan FKG Unmas  berhimpum dalam Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) serta anggota Ikatan Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (IRSPI). Asosiasi tersebut sebagai wadah komunikasi antar anggota untuk  saling membantu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di  tempat masing-masing serta  secara rutin dan intens mengadakan pertemuan.  Bahkan  FKG Unmas juga telah terdaftar sebagai anggota South East Asia Dental Education Association (SEADEA) yaitu Asosiasi fakultas kedokteran gigi se-Asia Tenggara.

Pendidikan Kedokteran Gigi dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap I : Program Pendidikan Sarjana (Sarjana Kedokteran Gigi/SKG) dan tahap II : Program  Pendidikan Profesi (Dokter Gigi/drg). Setelah menyelesaikan tahap Pendidikan Akademik maka mahasiswa bisa  langsung melanjutkan ke pendidikan pascasarjana / Strata-2 (S2) atau melanjutkan ke jenjang Pendidikan Profesi menjadi dokter gigi yang mampu menjawab perkembangan iptekdokgi.
  
Visi
Menjadi program studi unggulan yang mampu menghasilkan lulusan bermutu, mandiri dan berdaya saing yang berwawasan global
  
Misi
1.Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas, sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang profesional di bidang kedokteran gigi.
2.Menyelenggarakan penelitian ilmiah yang bermutu dan dapat dipertanggung-jawabkan yang bermanfaat bagi masyarakat.
3.Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang kesehatan gigi dan mulut yang beretika dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
 
Sarana Fakultas Kedokteran Gigi
Kegiatan perkuliahan, praktikum ilmu-ilmu dasar, ilmu  kedokteran dasar, preklinik dan kepaniteraan klinik serta kegiatan civitas akademika dilakukan di kampus Jl. Kamboja 11A, Denpasar dan di kampus II Jl. Soka Denpasar dengan fasilitas antara lain:
1.Ruang kuliah dengan full air conditioned & audiovisual
2.Laboratorium Kimia, Biologi, Fisika
3.Laboratorium Dasar-dasar Klinik dengan adjusted dental simulator
4.Periapical & Panoramic Digital Rontgenologi
5.Ruang Perpustakaan
6.RSGMP (Rumah Sakit Gigi & Mulut Pendidikan)
7.Ruang administrasi dan ruang pertemuan yang dapat digunakan oleh dosen, karyawan maupun mahasiswa.
8.Akses Internet Gratis (Hotspot area)
9.Student Lounge
10.Central Locker
11.Dental Depo
12.MDC (Mobile Dental Clinic)
13.Ruang Tunggu Mahasiswa
14.Ruang Kuliah Baru di Kampus II Jalan Soka - Denpasar
 
Perpustakaan Tingkat Profesi Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Kedokteran Gigi menyediakan ruang perpustakaan seluas 500 m2 yang dilengkapi dengan ruang baca, ruang audiovisual termasuk CD-ROM majalah ilmiah dan fasilitas internet.    Hingga saat ini koleksi perpustakaan meliputi lebih dari 7200 judul buku wajib dan referensi, 120 majalah, jurnal Kedokteran Gigi dan berbagai kumpulan tugas akhir. Terbaru berwujud digital library berupa jurnal-jurnal kedokteran gigi internasional berjumlah ribuan judul.
 
Program Pendidikan
Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar adalah pendidikan akademik profesi yang terdiri dari 2 (dua) program berkesinambungan yaitu :
1.Program Pendidikan Sarjana (Sarjana Kedokteran Gigi / SKG).
2.Program Pendidikan Profesi (Dokter Gigi / drg).
Program Pendidikan  Profesi Dokter Gigi  baru boleh  ditempuh  setelah mahasiswa lulus Sarjana  Kedokteran Gigi (SKG).
 
Tenaga Pengajar
Program Pendidikan Sarjana diasuh oleh dosen-dosen dari FKG Unmas & FK Udayana dengan kualifikasi Profesor, Doktor, Magister dan Spesialis. Demikian halnya Program Pendidikan Profesi di asuh oleh para dokter gigi spesialis yaitu Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (SpRKG), Spesialis Periodonsia (SpPerio), Spesialis Prostodonsia (SpPros), Spesialis Konservasi Gigi (SpKG), Spesialis Kedokteran Gigi Anak (SpKGA), Spesialis Ortodonsia (SpOrt), Spesialis Bedah Mulut (SpBM), Spesialis Penyakit Mulut (SpPM), para tenaga Magister Pelayanan Kesehatan Gigi, Magister Kesehatan (M.Kes.), Magister Ergonomi (M.Erg), Master of Dental Sciense (M.Dsc), serta para dokter gigi senior dan berpengalaman
 
Program Pendidikan Sarjana Kedokteran Gigi (SKG)
Program Pendidikan  Sarjana Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar memiliki beban studi seluruhnya = 145 sks.  Mahasiswa  menempuh program ini dalam 8 semester (4 tahun), bahkan bagi yang berprestasi bisa menempuh dalam 7  semester (3,5 tahun), sehingga masa studi dalam meraih gelar Sarjana Kedokteran Gigi (SKG) dapat dipersingkat.  Maksimal waktu tempuh program ini adalah 16  semester.
 
Persyaratan Lulus SKG
Mahasiswa dinyatakan lulus Sarjana Kedokteran Gigi (SKG) bila memenuhi persyaratan sbb:
1.Telah memperoleh 145 SKS dengan IPK > 2.00 tanpa nilai E
2.Telah menyelesaikan Skripsi / Karya Tulis Ilmiah
3.Telah mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN).
Setelah lulus SKG  mahasiswa memperoleh ijazah Sarjana Kedokteran Gigi (SKG) dan berhak untuk  diwisuda sarjana.
 
Program Profesi Dokter Gigi (DRG)
Program Pendidikan Profesi Dokter Gigi adalah pendidikan yang bersifat akademik profesional serta mempunyai landasan ilmu pengetahuan dan landasan keprofesian yang merupakan suatu kesatuan yang utuh dan kokoh. Program Profesi Dokter Gigi memiliki beban studi sebanyak 30 satuan kredit semester (sks).
Program ini berbentuk pengalaman belajar klinik (kepaniteraan klinik) yang dilakukan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) milik sendiri dan pengalaman belajar lapangan dalam tatanan pelayanan kesehatan nyata, khususnya pelayanan medik di rumah sakit pendidikan jejaring serta di masyarakat.
Di rumah sakit pendidikan jejaring, pengalaman belajar akademik profesional dan pengalaman klinik diperoleh dengan cara magang. Mahasiswa belajar sekaligus bekerja di bawah arahan dan bimbingan dosen atau dokter gigi senior rumah sakit pendidikan bersangkutan.
 
Tujuan Pendidikan
Berdasarkan tujuan pendidikan yang bertolak dari peran dan fungsi dokter gigi di masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan dalam aspek preventif, kuratif, promotif dan rehabilitatif, maka tujuan Pendidikan Program Studi Profesi Dokter Gigi Universitas Mahasaraswati adalah mampu mengidentifikasi, menganalisis dan memecahkan masalah kesehatan gigi dan mulut yang berkaitan dengan kehidupan urban-pedesaan dan meningkatkan usia harapan hidup.
               
Sejalan dengan tuntutan, maka FKG Unmas secara bertahap telah melakukan pembelajaran berpusat mahasiswa (Student-Centered Learning/SCL) yaitu strategi pembelajaran yang menempatkan mahasiswa (pembelajar) sebagai peserta didik aktif dan mandiri dengan metode yang dipilih adalah kolaboratif dan kooperatif. Strategi tersebut menempatkan mahasiswa bertanggung jawab serta mampu belajar “beyond the classroom”, sehingga mahasiswa mengubah sikap dan orientasi belajar. Diharapkan setelah menyelesaikan studi alumni menjadi “life-long learner” yang memiliki hard skills dan soft skills yang baik dan saling menunjang.
  
Tujuan Pendidikan Masing-masing Cabang Ilmu / Bagian
Tujuan pendidikan masing-masing cabang ilmu atau bagian disusun berdasarkan tujuan kelompok bidang kemampuan bersangkutan dan tertera dalam “Kurikulum Lengkap Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar”.Tujuan pendidikan masing-masing cabang ilmu atau bagian berorientasi pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi pada cabang ilmu atau bagian bersangkutan, kemampuan menyelesaikan masalah secara ilmiah, pengembangan sikap tingkah laku dan kemampuan keprofesian, serta kemampuan untuk belajar secara aktif dan mandiri.
 
Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi hasil belajar adalah penilaian terhadap pengetahuan, kemampuan dan keterampilan serta perilaku dan sikap mahasiswa dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan pendidikan yang ditetapkan pada cabang ilmu/bagian/UPE yang bersangkutan.
               
Evaluasi terhadap mahasiswa peserta DRG mencakup unsur penilaian:
1.Profesionalisme
2.Akademik
3.Ujian Akhir Lisan/Praktik dengan Pasien
Nilai akhir  kepaniteraan merupakan nilai gabungan dari ketiga unsur kegiatan yang dinilai  (profesionalisme, akademik dan ujian akhir).
 
Persyaratan
Persyaratan untuk dapat mengikuti pendidikan DRG ialah Sarjana Kedokteran Gigi (SKG) yang belum kadaluwarsa.
 
Spacer
 
[This contents is moved by drgid 2012-12-21 23:09:55 from UGM to Move ]

 
 

Total 631



No. SUBJECT WRITER DATE HIT
631 5 Obat Sakit Gigi Alami Yang Wajib Kamu Coba Kipaskipas 2021-08-16 11:07 3603
630 4 Obat Sakit Gigi Alami Paling Mujarab, Daun Jambu hingga Bawang Putih gudangdent 2021-07-30 10:40 3534
629 Mengenal 4 Masalah Pada Gigi yang Paling Umum Terjadi adinda thomas 2021-05-27 13:33 4715
628 Orang Indonesia Disebut Jarang Gosok Gigi Selama Pandemi, Ini Bahayanya gudangdent 2021-03-26 11:02 5744
627 Cegah Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut, Jangan Asal Sikat Gigi Ya! nurul0919 2019-10-18 11:41 17756
626 Abaikan Sakit Gigi Lebih dari Setahun, Remaja Ini Ternyata Idap Tumor nurul0919 2019-10-17 15:05 7054
625 BKGN 10 Tahun, Pepsodent Beri Apresiasi 3 Mahasiswa FKG UGM nurul0919 2019-10-17 15:01 7338
624 Ini Alasan Mengapa Sakit Gigi Semakin Parah saat Malam Hari nurul0919 2019-10-17 14:57 25166
623 Kebanyakan Makan Manis, Gadis Ini Alami Infeksi hingga Nyawanya Terancam nurul0919 2019-10-17 14:54 8615
622 Riset di Indonesia: 88,8% Punya Masalah Gigi Berlubang nurul0919 2019-10-17 10:01 9248
621 Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi saat Hamil nurul0919 2019-10-16 11:45 8496
620 Arang dapat Memutihkan Gigi, Mitos atau Fakta? nurul0919 2019-10-16 11:30 8551
619 Sakit Gigi Dibiarkan, Waspada 6 Penyakit Berbahaya yang Bisa Muncul nurul0919 2019-10-16 11:18 11582
618 KPPIKG, Ajang Unjuk Gigi Hasil Riset Anak Bangsa nurul0919 2019-10-16 11:15 29046
617 Pepsodent Ajak Masyarakat Denpasar Dukung Gerakan “Indonesia Tersenyum” nurul0919 2019-10-16 11:07 21898
616 Scaling Gigi Dianjurkan 6 Bulan Sekali, Ini Fakta-faktanya nurul0919 2019-10-15 09:19 21275
615 Ingin Pasang Behel? Ini Saran Dokter Gigi nurul0919 2019-10-15 09:17 17880
614 Biaya Dokter Mahal, Warga Jadi Malas Periksa Kesehatan Gigi nurul0919 2019-10-15 09:15 17813
613 Perlukah Si Kecil Menggunakan Retainer Gigi? nurul0919 2019-10-11 12:16 11948
612 Ketahui Alasan Gigi dan Mulut yang Sehat Bisa Dorong Anak Agar Lebih Pede di Sekolah nurul0919 2019-10-11 12:13 7047
611 Akankah Gigi Anak yang Hitam dan Keropos Terbawa Sampai Dewasa? (1) nurul0919 2019-10-10 14:21 14775
610 Ketahui Alasan Gigi dan Mulut yang Sehat Bisa Dorong Anak Agar Lebih Pede di Sekolah (1) nurul0919 2019-10-10 14:20 12289
609 Jangan Sembarangan Memakai Perapi dan Pemutih Gigi Instan opand 2019-10-10 10:41 27229
608 Bukan Hanya Masalah Gigi, Kenali 5 Penyebab Rahang Sakit nurul0919 2019-10-09 14:47 7453
607 Gosok Gigi Pakai Kunyit Ternyata Bisa Menyembuhkan Gigi Ngilu nurul0919 2019-10-09 14:00 7118
606 Mewaspadai Risiko Memakai Jasa Tukang Gigi opand 2019-10-09 10:16 31244
605 Kenapa Pemilik Gigi Sensitif Harus Pakai Pasta Gigi Khusus Gigi Sensitif? nurul0919 2019-10-08 14:28 7228
604 Teh Hijau Berpotensi Kuat untuk Mengobati Gigi Sensitif nurul0919 2019-10-08 14:25 6978
603 Unik! Para Dokter Gigi Gelar Seminar di Kapal Pinisi opand 2019-10-07 14:20 16527
602 4 Cara Mengatasi Gigi Sensitif yang Ngilu Setiap Kena Dingin nurul0919 2019-10-07 10:09 7173
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  End
 

'COMMUNITY'
     PAMERAN 
     SEMINAR 
     JOURNAL 
     BERITA PDGI 
     LOWONGAN 
     SUPPLIERS 
     KONSULTASI GIGI 


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Today : 162 | Yesterday : 204

Max : 2,647   Total : 1,666,905
 

 
About ME | BLOG | PRIVACY | GUEST

Copyright 2012(c) drg.co.id  All Rights Reserved.